close

Gak Capek-capek Lagi Harus Disikat, Bersihkan Noda Tumpahan Makanan di Karpet Ternyata Cukup Taburkan Bumbu Dapur Ini


Karpet biasanya diletakkan atau digelar di lantai untuk mempercantik ruangan atau sekedar untuk alas duduk dan berbaring di lantai.

Sehingga aktivitas seperti ini banyak meninggalkan noda di karpet, baik dari kotoran kaki hingga sisa atau tumpahan makanan.

Tentu ini sangat menyebalkan, sebab tak mudah untuk mencuci karpet.

Dengan ukuran besar dan tebal, terlebih lagi lamanya pengeringan.

Namun sekarang Anda tak perlu lagi repot untuk mencucinya, karena ada cara mudah untuk membersihkannya.

Anda cukup menaburkan atau mengusapnya dengan bahan rumahan seperti berikut ini.

Dijamin hasilnya langsung bersih tak bernoda, jadi bisa dicoba di rumah mulai sekarang.

Cara Membersihkan Karpet dari Noda

Dilansir dari Reader's Digest, Selasa (10/11/2020), berikut 7 bahan di rumah yang bisa digunakan untuk membersihkan noda di karpet.

1. Cuka

Cuka sangat ampuh membersihkan noda di karpet. Ada beberapa cara membersihkan noda dengan bahan dasar cuka.

- Gosok noda tipis pada karpet dengan campuran 2 sendok makan garam yang dilarutkan dalam 1,5 cangkir cuka putih. Biarkan larutan mengering, lalu vakum.

- Untuk noda yang lebih besar atau lebih gelap, tambahkan 2 sendok makan boraks ke dalam campuran dan gunakan dengan cara yang sama.

- Untuk kotoran yang membandel dan noda lainnya, buat pasta dari 1 sendok makan cuka dengan 1 sendok makan tepung maizena, dan gosokkan ke noda menggunakan kain kering. Biarkan selama dua hari, lalu vakum.

- Untuk cat yang tumpah, gunakan larutan 1,5 sendok teh cuka, 1,5 sendok teh deterjen, dan dua cangkir air. Bersihkan cat sebelum meresap dan bilas dengan air dingin.

- Untuk noda buah dan jus buah, campurkan 1 sendok makan deterjen cucian dengan 1,5 sendok makan cuka putih dan kombinasikan dengan dua gelas air. Oleskan larutan ke noda dan noda.

- Untuk noda kopi dan teh, campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama dan bersihkan noda.


2. Tepung maizena dan susu

Noda tinta di karpet bisa dihilangkan dengan tepung maizena dan susu.

Campur susu dengan tepung maizena untuk membuat pasta. Oleskan pasta ke noda tinta. Biarkan penghilang noda karpet buatan sendiri mengering di atas karpet selama beberapa jam, lalu sikat sisa yang sudah kering dan sedot debu.

Tepung maizena juga dapat digunakan untuk menyerap minyak dan noda minyak. Taburkan tepung, diamkan selama beberapa jam, dan sedot debu.


3. Garam

Garam dapat digunakan untuk membersihkan beragam jenis noda yang tumpah di karpet. Berikut ini caranya.

- Untuk noda makanan berminyak di atas karpet, campurkan garam dan alkohol dengan perbandingan 1:4 dan gosokkan dengan keras pada noda minyak. Gosok searah serat karpet.

- Untuk menghilangkan noda tumpahan kecap, taburkan garam di atas noda. Diamkan selama beberapa menit, dan vakum. Gosok, lanjutkan proses ini, serta sedot debu hingga noda benar-benar hilang.

Subscribe to receive free email updates: