close

Noda Kuning dan kerak Langsung Rontok, Cara Ampuh Membersihkannya Lantai Kamar Mandi agar Kinclong


Membersihkan kamar mandi adalah hal yang membuat malas, terlebih lagi jika membersihkan lantai kamar mandi yang ada nodanya. 

Selain alasan jijik dan bau, membersihkan noda di lantai kamar mandi memang cukup sulit. 

Padahal jika semakin lama dibiarkan justru semakin sulit dibersihkan. Oleh karena itu, kamu harus tahu nih cara membersihkan lantai kamar mandi yang tepat supaya nodanya mudah terangkat.

Biasanya, kalau lantai kamar mandi hanya disikat saja tetap kurang bersih. Nah, ada trik tersendiri nih untuk membersihkan lantai kamar mandi supaya lumut penyebab licin, kerak kuning yang membandel, dan bau tak sedap bisa bersih tuntas dengan mudah. Berikut caranya;

1. Bersihkan dengan cairan soda

Jika noda kuning di lantai kamar mandi belum terlalu berkerak, kamu bisa bersihkan dengan cairan soda, seperti Cocacola. Memang beberapa percobaan menyatakan jika Cocacola bisa dijadikan cairan pembersih. Hal ini karena kandungan sodanya yang cukup pekat bisa membuat noda jadi terangkat dengan mudah.

Cara membersihkan lantai kamar mandi dengan Cocacola pun cukup mudah, tinggal siram bagian yang akan dibersihkan menggunakan Cocacola. Tunggu selama 15 menit, kemudian gosok menggunakan sikat pembersih. Kemudian guyur dengan air bersih hingga hasilnya terlihat. So, coba dan buktikan sendiri efektivitasnya!

2. Bersihkan dengan baking soda

Selain soda Cocacola, kamu juga bisa mencoba cara membersihkan lantai kamar mandi dengan baking soda lho. Kandungan Natrium bikarbonat yang terkandung di dalamnya bermanfaat sebagai pembersih serba guna baik itu di plastik, kain, hingga lantai. Selain itu, baking soda juga memiliki sifat antibakteri sehingga bisa membunuh kuman.

Penggunaan pun cukup mudah lho. Kamu tinggal taburkan baking soda pada keramik yang basah, tunggu 10 menit. Kemudian gosok menggunakan sikat, lalu bilas dengan air bersih. Dijamin noda di keramik kamar mandi langsung rontok dan kinclong lagi.

3. Gunakan sitrun atau citric acid

Asam sitrun juga juga bisa digunakan untuk zat pembersih. Kandungan asamnya terbukti mampu merontokkan noda. Cara membersihkan lantai kamar mandi yang hitam menggunakan sitrun dengan cara mengguyur lantai dengan air biasa. Kemudian sikat noda sebentar, lalu taburkan bubuk sitrun pada noda yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu digosok lagi, tambahkan sedikit detergen jika nodanya cukup membandel. Lalu bilas dengan air bersih.

4. Gunakan Bayclin

menggunakan sabun atau detergen? Kalau pernah pasti paham deh gimana susahnya. Biar lebih mudah, coba gunakan Bayclin atau cairan disinfektan yang biasa digunakan untuk memutihkan pakaian. Bayclin terbukti bisa membantu membasmi lumut halus yang bikin lantai jadi licin.

Cara membersihkan lantai kamar mandi dengan Bayclin juga mudah, cukup larutkan 5 tutup botol Bayclin dengan satu gayung air berukuran sedang. Kemudian siram ke lantai yang ingin dibersihkan. Ulangi dengan Bayclin murni tanpa campuran air pada bagian yang lumutnya cukup tebal. Tunggu 30 menit, kemudian gosok dengan sikat, beri sedikit deterjen pada lumut yang berkerak.

5. Gunakan kaporit

Untuk membersihkan noda kuning yang sudah berkerak dan licin, kamu bisa menggunakan kaporit, supaya noda yang membandel rontok. Sebelum menaburkan bubuk kaporit, siram dulu lantai kamar mandi menggunakan air panas untuk mematikan lumut-lumutnya.

Setelah itu, taburkan bubuk keramik pada lantai yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu sikat sisa kaporit. Cara membersihkan lantai kamar mandi dengan kaporit harus hati-hati ya, jangan sampai cipratannya mengenai mata. Selain lantai jadi bersih, kaporit juga bisa menghilangkan bau tak sedap yang biasanya bersumber dari lubang buangan air.

6. Gunakan cairan khusus pembersih

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak kamu dapat menggunakan cairan khsusu pembersih, seperti Porsterx, Vixal, dan merek lainnya. Cairan khusus pembersih kamar mandi ini diklaim mampu menghilangkan noda kuning dan lumut pada keramik.

Cara menggunakannya kamu bisa lihat pada kemasan produk dan pahami juga prosedur penggunaan yang tepat dan aman. Sebab, beberapa produk pembersih kamar mandi bisa mengakibatkan gatal dan iritasi jika terkena kulit, jadi harus hati-hati ya!

Itulah beberapa cara untuk membersihkan lantai kamar mandi supaya kinclong dan nggak licin. Kamu bisa pilih bahan paling mudah didapat dan menyesuaikan tingkat nodanya. Nah, supaya noda nggak sampai berkerak, usahakan rutin membersihkan kamar mandi, minimal seminggu sekali ya. Selamat mencoba! (Ika)

Subscribe to receive free email updates: