close

Perbedaan Wajan Marble dan Wajan Keramik yang Harus Kamu Ketahui, Jangan Sampai Salah


Wajan merupakan alat masak yang umum ada di dapur. Jenis bahannya beragam dan dapat berbeda kegunaan. Lapisannya pun bervariasi, di antaranya wajan marble atau marmer dan wajan keramik. Tahukah Bunda perbedaannya?

Dari sekian macam alat masak, wajan mungkin yang paling multifungsi, ya Bunda. Mulai dari menggoreng hingga menumis, wajan jadi barang wajib yang ada di dapur Bunda. Bentuk wajan khas dengan bagian bawah yang rata dan punya gagang. 

Belakangan, wajan non-stick atau anti lengket yang disebut teflon, wajan aluminium, dan wajan tembaga menimbulkan kekhawatiran karena cenderung meninggalkan jejak kimia dan besi di makanan, dikutip dari healthline.

Lalu, muncul beragam wajan dengan bermacam lapisan yang memiliki klaim lebih aman untuk kesehatan. Misalnya wajan marble atau marmer dan wajan keramik. Serupa tapi tak sama, wajan marble dan wajan keramik berbeda, Bun. Simak penjelasannya, yuk.


Wajan marbl
Wajan yang memiliki lapisan marble atau marmer disebut dengan wajan marble. Alat masak ini menyediakan permukaan anti lengket tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Umumnya wajan dan alat masak apapun yang dilapisi marmer terlihat cantik dengan corak khas marmer.

Mengutip Cookware Need, Wajan marble biasanya tahan lama dan tahan panas. Bagian dalam wajan marmer terbuat dari aluminium berkualitas tinggi lalu dilapisi dengan marmer. Teknik pembuatannya yang kompleks membuat wajan marble lebih aman dan tahan lama. 

Wajan marble juga bebas dari Perfluorooctanoic Acid (PFOA) dan Polytetrafluoroethylene (PTFE). Alat masak ini juga tidak mudah tergores dan tidak mudah mengelupas seperti wajan berlapis teflon. Wajan dengan lapisan marble dapat digunakan di kompor gas maupun kompor induksi.



Wajan keramik

Ada dua jenis wajan keramik, yaitu wajan yang 100 persen terbuat dari keramik dan wajan keramik berbahan dasar logam yang dilapisi keramik. Keduanya tetap anti lengket. Sama seperti wajan marble, wajan keramik juga bebas dari PFOA dan PTFE. 

Wajan keramik umumnya lebih ringan. Alat masak ini juga anti lengket sehingga masakan Bunda bisa lebih sehat karena tidak menggunakan banyak minyak.

Namun, wajan keramik tidak boleh terkena panas ekstrem karena sifat keramik yang mudah pecah. Wajan keramik juga tidak bisa digunakan di kompor induksi.

Lalu, apa bedanya wajan marble dan wajan keramik? Cek halaman berikutnya, ya Bunda

Subscribe to receive free email updates: