close

Tak Boleh Asal Tempel, Trik Memasang Wallpaper di Dinding yang Lembab Agar Menempel Kuat


Satu-satunya jalan keluar untuk Anda yang tetap ingin memasang wallpaper di dinding yang kondisinya lembab tersebut adalah Anda harus memperbaiki masalahnya terlebih dahulu. 

Anda harus memperbaiki kondisi dinding tadi untuk membuatnya menjadi kering dan tak lembab lagi.

Barulah setelah permukaan dinding menjadi ideal dan sesuai untuk dipasangi wallpaper, Anda dapat mulai melakukan pemasangan. 

Bagaimanapun juga Anda tidak boleh memasang wallpaper tersebut di dinding yang lembab. 

Perbaikan ini mutlak dilakukan dengan tuntas sampaii kondisi dinding menjadi ideal untuk ditempati wallpaper.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dinding yang lembab antara lain mengatasi sumber kelembaban, mengaplikasikan bahan waterproofing, atau memasang partisi tambahan di depat dinding yang bermasalah tersebut.

Perbaiki Sumber Kelembaban

Paling tidak ada dua penyebab permukaan dinding menjadi lembab yaitu atap yang bocor serta air tanah yang merembes ke dalam pori-pori dinding. 

Silakan Anda periksa lagi bagian atap bangunan ini termasuk rangka atapnya apakah kondisinya masih bagus atau terdapat kebocoran di sini. Kalau kondisinya bagus, Anda bisa beralih untuk mengecek kemungkinan penyebab yang selanjutnya. 

Perhatikan dengan cermat apakah tanah di sekitar dinding tersebut terlihat lembab atau kering? Apakah ada lumut yang tumbuh di sekitarnya? Kondisi ini dapat menjadi pertanda kuat, apakah dinding tadi sebenarnya rembes atau tidak. 

Perbaiki masalah tersebut sesuai tips-tips yang pernah kami share di artikel sebelumnya.

Aplikasikan Bahan Waterproof

Jika masalah dinding yang rembes disebabkan oleh air tanah yang naik ke atas melalui pori-pori dinding, Anda dapat memperbaikinya menggunakan bahan waterproof. 

Silakan Anda kikis terlebih dahulu lapisan acian dan plesteran yang telah menutupi dinding tersebut.

Setelah itu, aplikasikan bahan plesteran yang sudah ditambah dengan waterproofing secukupnya. Tunggulah hingga kondisinya mengering, kemudian Anda bisa menerapkan lapisan acian di permukaannya. 

Di lapisan terluar, Anda juga dapat menerapkan cat dinding yang bersifat waterproof untuk memberikan perlindungan secara maksimal. Jangan biarkan ada air sedikit pun yang merembes keluar dari pori-pori dinding ini agar tidak merusak wallpaper.

Pasang Partisi Tambahan

Apabila dinding sudah tidak bisa diperbaiki lagi menggunakan solusi di atas, Anda bisa memasang partisi tambahan tepat di depan dinding utama. 

Partisi bayangan ini terbuat dari material gypsum atau tripleks. 

Caranya gampang sekali kok.

 Mulailah dengan memasang kerangkanya terlebih dahulu di depan dinding utama. Barulah kemudian, Anda bisa memasang partisi ini. 

Usahakanlah partisi gypsum/tripleks tersebut tidak menempel langsung di permukaan dinding yang lembab sebab percuma, karena rembesan air dari dinding tetap bisa meresap ke gypsum/tripleks kalau Anda menempelkannya secara langsung. 

Jadi harus ada jarak antara dinding dan partisi baru. Setelah itu, Anda bisa memasang wallpaper di partisi tersebut.

Subscribe to receive free email updates: