close

Walau Kecil Tapi Terlihat Mewah, Trik Menata Ruang Kamar yang Kecil Agar Terlihat Luas


Apakah kamu pernah merasa sesak dan tidak nyaman karena luas ruang kamar yang terbatas? Sempitnya ruang kamar sering kali membuat kondisi kamar menjadi tidak kondusif, kamu pun jadi merasa sumpek dan tidak betah di dalam kamar. 

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa merasakan kamar yang terlihat luas. Dengan design kamar yang tepat, kamu bisa menciptakan kamar sempit jadi terasa lebih lapang, lho!

Menata design kamar yang sempit jadi terlihat luas bukanlah hal yang sulit. Dengan beberapa trik sederhana, kamu bisa menghadirkan design kamar yang dapat mengakomodasi semua keperluanmu, sekaligus tidak membuat kamar tidurmu terasa sesak.

Pemilihan furnitur yang apik dan tepat menjadi salah satu opsi untuk membuat design kamar sempitmu jadi terlihat luas. Untuk selengkapnya, yuk langsung saja intip tips dan trik menata design kamar sempit agar terlihat lebih luas dari Kania berikut ini!


Posisikan Tempat Tidur di Pinggir Ruangan

Jika ruang kamarmu memang sempit, sebaiknya jangan membuat design kamar dengan posisi tempat tidur di tengah ruangan. Design kamar seperti itu hanya akan membuat kamarmu terlihat penuh dan sumpek. Nah, untuk menyiasatinya, coba posisikan tempat tidur di pinggir ruangan.

Cara ini bisa membuat area di tengah ruangan lebih banyak tersisa sehingga design kamar terlihat lebih luas dan kamu pun lebih leluasa untuk beraktivitas di dalam kamar. Selain itu, dengan design kamar seperti ini kamu juga masih bisa meletakkan meja samping tempat tidur tanpa membuat kesan yang penuh.


Gunakan Tempat Tidur yang Rendah

Masih soal tempat tidur, strategi lain untuk membuat design kamar sempit terlihat luas adalah dengan menggunakan tempat tidur yang rendah. Hal ini dikarenakan, semakin tinggi tempat tidur, design kamar akan terlihat semakin penuh. Begitu juga sebaliknya, tempat tidur yang rendah bisa memberikan efek ilusi design kamar yang lebih lega.

Tidak sulit mencari tempat tidur berukuran rendah untuk design kamar yang terlihat luas. Kamu bisa menemukannya di toko furniture online Indonesia, seperti Dekoruma. Model-model ranjang minimalis yang rendah dengan disertai tambahan laci di bagian kolongnya pun bisa menjadi pilihanmu. Tak lupa, lengkapi dengan kasur berkualitas seperti kasur Serta dan Alga.



Pilih Sprei yang Minim Motif

Menggunakan banyak ornamen bermotif di kamar yang sempit akan membuat design kamar terasa semakin sumpek. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan sprei yang polos atau dengan motif sederhana yang tidak terlalu ramai. Selain itu, usahakan juga untuk mengurangi penggunaan furnitur atau dekorasi bermotif agar memberikan kesan luas pada design kamar.



Warna Cerah dan Senada pada Design Kamar

Permainan warna cat pada kamar sempit juga patut kamu lakukan untuk membuat design kamar tidak terlihat sumpek. Caranya, pilihlah warna-warna cerah sebagai dasar cat dinding pada design kamar. Tidak hanya itu, sebaiknya kamu juga memilih warna-warna furnitur yang serasi dengan warna cat dinding kamar. Warna yang senada antara dinding dan furnitur tidak akan menimbulkan kesan yang kontras sehingga design kamar terlihat menyatu dan lebih lapang.



Atur Pencahayaan Semaksimal Mungkin

Cahaya juga menjadi salah satu faktor penting yang bisa menciptakan ilusi luas pada design kamar. Semakin redup cahaya, design kamar akan terlihat semakin sempit. Begitu juga sebaliknya, semakin terang cahaya di kamarmu, maka design kamar juga akan terlihat semakin luas. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengatur pencahayaan dengan maksimal pada design kamar.

Pencahayaan yang maksimal bisa kamu hadirkan lewat pemilihan dan peletakan lampu yang tepat. Apabila di dalam kamar tidurmu terdapat jendela, kamu juga bisa memanfaatkannya dengan membuak tirai jendela agar cahaya matahari dapat masuk sampai ke seluruh sudut ruangan kamar. Dengan demikian, design kamar tidurmu akan terlihat lebih luas.



Gunakan Rak Gantung

Design kamar yang terlihat luas tidak selalu bergantung pada tempat tidur. Penggunaan furnitur lain juga dapat mempengaruhi design kamar, tidak terkecuali pada tempat penyimpanan. Nah, untuk tempat penyimpanan, sebaiknya kamu mengutamakan penggunaan rak gantung dibandingkan dengan lemari besar.

Rak gantung akan menghemat area kosong pada kamar tidurmu sehingga design kamar akan terlihat lebih luas. Sementara itu, penggunaan tempat penyimpanan berupa lemari yang diletakkan di lantai ruangan lebih baik hanya diprioritaskan untuk lemari pakaian.


Ciptakan Ilusi dengan Cermin Besar

Kamu sudah menata design kamar sedemikian rupa, tapi masih terlihat sempit? Coba ciptakan ilusi ruangan yang lebih luas dengan menggunakan cermin besar pada dinding ruangan. Keberadaan cermin besar itu akan memantulkan cahaya dan bayangan secara maksimal sehingga membuat design kamar tidurmu seolah-olah bertambah luas

Subscribe to receive free email updates: