close

Hanya Dengan Menggunakan Taburan Garam, Baju Kamu yang Pudar Kembali Seperti Baru


Cukup wajar jika warna baju yang kita miliki lama kelamaan akan semakin pudar sebab celupan tinta warna memiliki ketahanan terbatas. Sehingga warna yang tadinya padat, akan terlihat berkurang kepadatannya terutama setelah dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Daftar isi
Cara Mengembalikan Warna Baju yang Pudar
1. Wantex
2. Garam
3. Bubuk Soda
4. Buah Lemon
5. Cuka

Cara Mengembalikan Warna Baju yang Pudar

Cepat atau tidaknya proses pudar warna tersebut tergantung dari cara kita merawat baju tersebut. Jika kita menjemur dibawah sinar matahari terlalu lama seperti saat lupa mengangkat jemuran, maka sinar matahari bisa merusak kualitas warna baju tersebut. Lalu mencampur pakaian dengan warna-warna berbeda dapat juga mempengaruhi warna pakaian tersebut. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memisahkan pakaian berdasarkan warna terlebih dahulu sebelum mencuci.

Lalu bagaimana jika warna baju sudah terlanjur memudar akibat salah cuci? Ada cara agar bisa membantu mengembalikan warna yang sudah terlanjur pudar. Cukup dengan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Wantex
Wantex adalah pewarna baju yang sering dipakai untuk mewarnai baju, terutama kain putih polos. Caranya cukup dengan merebus air dengan larutan wantex dengan air selama 15 menit. Lalu matikan api dan tunggu sampai dingin dan bilas sebanyak 5-6 kali sampai bersih dan jemur, namun hindari penjemuran dibawah sinar matahari langsung. Ini mungkin cara yang paling efektif untuk mengembalikan warna yang kita inginkan.

2. Garam

Campurkan garam dengan air agar bisa membantu mengembalikan warna baju yang sudah pudar. Lalu diamkan baju di dalam larutan garam selama semalam. Sebelum diangkat untuk dicuci dan dibilas seperti biasa.

3. Bubuk Soda

Menggunakan bubuk soda bisa membantu mengembalikan warna yang sudah pudar. Cukup taburkan setengah takaran cup bubuk soda pada cucian baju dan dibilas seperti biasa.

4. Buah Lemon
Cara Mengembalikan Warna Baju yang Pudar dengan lemonBiarpun terdengar aneh namun menggosokan buah lemon ke baju yang warnanya sudah pudar cukup efektif untuk mengembalikan warna sudah pudar. Kandungan citrus punya manfaat untuk mengembalikan warna.

5. Cuka

Menggunakan campuran cuka dan air bisa membantu mengembalikan warna yang pudar dengan cara menambahkan cuka ke rendaman pakaian lalu di

diamkan selama satu jam sebelum dicuci.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, lakukan langkah-langkah berikut:

Memisahkan baju berdasarkan warna, campurkan baju dengan warna-warna serupa.

Balik baju sebelum dicuci, artinya bagian luar baju harus menghadap ke dalam agar melindungi warna. 

Menggunakan air dingin ketimbang air panas. Pastikan setting pada mesin cuci menggunakan air dingin. 

Tambahkan lada hitam ke cucian baju yang memiliki warna.

Saat pengeringan, hindari penggunaan mesin pengering, sebab mesin pengering bisa mengeringkan baju berlebihan dan akan merusak warna baju.

Lebih bagus lagi menjemur baju dengan cara digantung namun tetap menghindari sorotan sinar matahari terik secara langsung.

Jenis baju yang dicuci pun memiliki karakteristik retensi warna yang berbeda. Contohnya baju katun 100% lebih rentan terhadap perubahan warna ketimbang baju yang terbuat dari bahan sintetik. Sebab bahan sintetik lebih kuat menahan warna ketimbang bahan katun yang terbuat dari kapas. Tinta celupan pada kain pun juga sangat berpengaruh

Subscribe to receive free email updates: